Setiap Waktu adalah Waktu Belajar


Setiap Waktu Adalah Waktu Belajar


Belajar bukan hanya seperti membaca dan mengetahui teori saja. Menurut Anthony  Robbins, belajar itu seperti mengendarai mobil. Bila kita mengetahui di mana pedal gas, rem dan koplingserta cara memindahkan gigi, itu berarti kita belum belajar. Belajar artinya melalkukan tindakan baru, sebuah tindakan yang konsisten dan berkesinambungan sehingga yang kita pelajari menjadi sebuah kebiasaan.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Confusius, “To know but not to do is not yet to know,”  mengetahui tapi tidak  melakukan sama artinya dengan tidak mengetahui. Melakukan atau mengambil tindakan dari apa yang diketahui itulah inti dari belajar. Dan apabila tindakan ini diulang dan diulang terus, maka keterampilan akan muncul. Dengan keterampilan inilah keunggulan seseorang diakui orang lain. Pandangan serupa juga di kemukakan oleh filsuf terkenal Yunani Aristoteles, “Kita adalah apa yang kita lakukan berulang-ulang… maka, keunggulan bukanlah suatu perbuatan, melainkan hasil dari kebiasaan.”

Kita belajar berjalan, belajar berbicara dan belajar bagaimana untuk makan degan sendok dan garpu. Apa pun yang kita mampu lakukan saat ini semuanya diawali dengan belajar, bukan?

“Bersikap rendah hati, menyadari bahwa masih banyak kekurangan adalah satu syarat penting lainnya dalam belajar.”

Comments

Popular posts from this blog

"Farewell Party" Judulnya

Hey, It's me

Siklus