Kamu satu Manusia

awalnya aku percaya semua akan berjalan dalam waktu yang lama
walau aku tau perjalanan itu tak akan selalu mulus
mengejutkan begitu tau kau memiliki keinginan menyudahi hubungan ini
sulit untuk sadar bahwa semua akan pergi pada waktunya
tapi yang perlu kamu tau, kamu satu-satunya manusia yang tidak aku ratapi kepergiannya

kepergianmu meninggalkan banyak penjelasan yang selama ini tak pernah aku dapatkan
mungkin, kamu satu dari sedikit orang yang paham akan diriku
tapi kamu adalah satu-satunya orang yang aku tau bagaimana buruknya aku

ketika kau ucap selamat tinggal hari itu 
sangat sulit untuk diterima dengan hati yang tenang
aku terus bertanya padamu, tak bisakah bertahan?
namun kau seperti sudah menumpuk lelah ini sekian lama

sanggupkah aku menyadari bahwa kau sudah tak ada di sisi?
aku harus terima, bukan karena ingin kehilangan tapi karena keadaan
kamu berhak memperjuangkan hidup yang kamu inginkan
kamu berhak bahagia dengan caramu sendiri

mencoba merelakan, kepergianmu kali ini
meski kita sudah tak lagi sama
tapi aku yakin kita akan selalu bahagia
bahagia dengan cara kita nasing-masing

sama seperti luka sebelumnya, 
rasa sedih baru terasa setalah berjalan hitungan bulan
bukan penyesalan, tapi sebuah perasaan yang terlalu lama dipendam

semesta memang tak mendukung kehadiran kita
itu kenapa akhirnya semesta memisahkan kita
semesta tau, bahagia kita bukanlah bersama
bahagia kita adalah masing-masing

kini, yang ku pikir hanya tentang bagaimana keadaanmu
apakah kau makan teratur?
apakah tidurmu baik?
apakah hari-harimu berjalan lancar?
terlalu banyak hal-hal kecil yang nyatanya belum bisa aku relakan

kamu memang orang asing, tapi kamu adalah orang yang tak pernah kututupi bagaimana aku
buruknya, kerasnya, egoisnya, jeleknya, marahnya dan hal-hal menyebalkan lainnya
kamu semua tau itu

kini, saat aku sudah hampir membagi setengah aku, kamu memutuskan pergi
entah akan ada kata kembali atau tidak
yang jelas, aku sadar
perasaan ini tidak secepat itu berubah.

02.11.2021

Comments

Popular posts from this blog

"Farewell Party" Judulnya

Hey, It's me

Siklus